Minggu, 03 Oktober 2010

Gunung Api

Bagian permukaan bumi yang menjulang tinggi (>300 m) yang biasanya berbentuk kerucut terpancung dengan lubang kawah di puncaknya, terbentuk akibat munculnya magma ke permukaan bumi.

JENIS GUNUNGAPI :
Gunungapi Aktif (Active volcano), gunungapi yang masih menunjukkan aktivitas vulkanisme (erupsi masih berlangsung).
Gunungapi Istirahat (Dormant volcano), gunungapi yang tidak menunjukkan kegiatan dalam waktu yang cukup lama, namun sewaktu-waktu dapat meletus.
Gunungapi Mati (Extinct volcano), gunungapi yang sudah tidak akan bererupsi lagi.

TIPE GUNUNGAPI :

1. KERUCUT PIROKLASTIKA

Kerucut gunungapi yang tersusun atas material piroklastika (bahan-bahan lepas gunungapi) berupa bom, lapili, dan abu gunungapi. Pada umumnya bentuk gunungapi ini memiliki kawah di bagian puncak dan tubuh gunungapi tidak terlalu tinggi karena endapan piroklastika yang masih lepas dan mudah tererosi.



2. MAAR

Gunungapi berbentuk kerucut terpancung yang memiliki kawah berbentuk mangkuk dengan lebar kawah relatif lebih besar dibandingkan tinggi kawah. Pada umumnya gunungapi ini memiliki lereng relatif landai dan kawah yang terisi air membentuk danau kawah. Maar yang terkenal di Indonesia terdapat di G. Lamongan, Jawa Timur.





3. GUNUNGAPI KALDERA

Suatu gunungapi berbentuk kerucut terpancung, dengan lebar kawah berdiameter lebih dari 2 km yang terbentuk sebagai akibat erupsi eksplosi yang dahsyat.



4. KUBAH LAVA

Tonjolan batuan lava berbentuk membundar dengan kemiringan lereng relatif sama ke segala arah, yang terbentuk akibat penerobosan magma ke permukaan bumi. Pada umumnya kubah lava terbentuk dari lava yang sangat kental. Besar dan luasnya tergantung pada volume lava dan sifat kekentalan.



5. GUNUNGAPI PERISAI

Gunungapi yang tersusun atas perlapisan aliran lava yang sangat encer sebagai hasil erupsi yang berulang. Biasanya bentuk gunungapi ini memiliki lereng yang landai. Jarang dijumpai di Indonesia , tetapi sangat umum dijumpai di Kepulauan Hawaii.



6. GUNUNGAPI STRATO ATAU CAMPURAN

Gunungapi berbentuk kerucut atau kerucut terpancung yang tersusun atas perlapisan atau perselingan antara aliran lava dan endapan piroklastika. Bentuk gunungapi ini sangat umum dijumpai di Indonesia.


Sumber :
http://museum.bgl.esdm.go.id/index.php/fenomena-geologi/gunungapi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar